09 May 2010

Pengaturan Memori dengan Bitmap dan Linked List

Ini merupakan mata kuliah Sistem Operasi yang pernah saya dapatkan sewaktu menjalankan kuliah S1 sebelumnya. Saya akan menjelaskan pengaturan memori dengan menggunakan Bitmap dan Linked List.

Pada bitmap memory dibagi menjadi beberapa unit alokasi. Mungkin sebesar beberapa word dan mungkin sebesar beberapa kilobytes. Kemudian saling memberikan respon satu sama lain dimana 0 menanadakan bahwa unit tersebut kosong dan 1 jika terisi.

Pada bitmap ini apabila semakin kecil unit alokasi maka makin besar bitmap yang dihasilkan. Pada bitmap menyediakan cara mudah untuk menyimpan track dari memory dengan jumlah memory yang tetap, karena ukuran dari bitmap tergantung pada ukuran memory dan ukuran unit alokasi. Masalah utama ketika menggunakan memory ini adalah memory manager harus mencari bitmap urutan 0 bit untuk menjalankan urutan dari proses k pada map. Mencari bitmap untuk menjalankan panjang urutan yang diberikan merupakan operasi yang lambat.

Kemudian selajutnya dengan linked-list pada cara ini segmen, dimana segment ini merupakan proses ataupun hole antara dua proses. Setiap entry pada list menjelaskan hole (H) atau proses (P), alamat pada saat memulai, panjang dan pointer untuk entry selanjutnya. Pada contoh berikut ini segmen list diurutkan berdasarkan alamat. Megurutkan dengan cara ini memiliki keunggulan ketika proses di matikan atau menggunakan swap. Pada saat mematikan, proses umumnya memiliki dua tetangga, hal tersebut bisa berupa hole atau proses, yang menghasilkan empat kombinasi.

image