09 May 2010

Service Oriented Architecture

Kali ini saya akan share masalah apa itu SOA atau Service Oriented Architecture.

SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur teknologi informasi (TI) yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Fungsi-fungsi ini tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang mendasari aplikasi-aplikasi tersebut.

SOA membagi fungsi-fungsi menjadi unit-unit yang berbeda (layanan), yang dapat didistribusikan melalui suatu jaringan dan dikombinasikan serta digunakan ulang untuk membentuk aplikasi bisnis. Layanan-layanan ini saling berkomunikasi dengan mempertukarkan data antar mereka atau dengan mengkoordinasikan aktivitas antara dua atau lebih layanan. Konsep SOA sering dianggap didasari atau berkembang dari konsep-konsep yang lebih lama dari komputasi terdistribusi dan pemrograman modular.

Persyaratan dalam menggunakan SOA secara efisiensi adalah sebagai berikut :

· Berbagai system dan bahasa pemrograman yang ada menyediakan dasar untuk mengintegrasikan antara aplikasi yang berbeda pada platform dengan melalui protocol komunikasi.

· Keinginan untuk menciptakan sebuah federasi sumber daya.

SOA harus menjelaskan aspek layanan seperti berikut :

1. Apakah layanan ini dan apa yang akan dibangun, digunakan, berkembang dan diperlihara

2. Bagaimana kemasan yang ada dan warisan yang terintegrasi ke dalam system pelayanan lingkungan

3. Bagaimana layanan digabungkan

4. Bagaimana layanan komunikasi pada tingkat teknis

5. Bagaimana layanan interoperate di tingkat semantic

6. Bagaimana kontribusi layanan kepada perusahaan model bisnis, tujuan dan strategi

7. Bagaimana proses, kerangka kerja dan alat-alat yang diperlukan untuk mendukung SOA di perusahaan

image

Gambar diatas mengilustrasikan berbagai aspek SOA. Nomor-nomor yang dilingkari pada gambar sesuai dengan daftar nomor.

1. Bagaimana menemukan, mengembangkan dan memelihara layanan

Arsitektur harus menjelaskan secara lengkap Lifecycle layanan, termasuk versi persyaratan dan kompatibilitas ke belakangnya.

2. Bagaimana untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada ke dalam layanan lingkungan

Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar fungsi bisnis perusahaan di hari ini tidak dalam bentuk layanan. Bagian penting dari sebuah SOA adalah bagaimana fungsi yang ada ini dapat dipaparkan sebagai layanan dan tersambung ke layanan lingkungan. SOA yang harus menetapkan mekanisme umum untuk menentukan layanan ini.

3. Bagaimana untuk menggabungkan layanan

SOA harus menentukan semantic umum dalam lingkungan layanan yang beroperasi, misalnya : apa yang harus data skema umum di seluruh layanan untuk konsistensi dan interoperabilitas?

4. Bagaimana layanan berkomunikasi

Layanan nilai terletak pada kemampuan untuk digabungkan dengan layanan lainnya untuk menciptakan sebuah perusahaan. Untuk dapat melakukan ini harus dirancang untuk muat dalam ketentuan teknis, semantic operasional dan lingkungan. Lingkungan (infrastruktur) ini dan penyedia layanan ini harus dijelaskan oleh arsitektur.

5. Common semantic dan data perusahaan definisi

SOA harus menentukan semantuk umum yang ada dalam layanan lingkungan yang beroperasi.

6. Bisnis model

Sebuah model bisnis adalah kunci untuk memahami persyaratan untuk sebuah perusahaan umum, terutama untuk berbagi data. SOA untuk tidak menentukan model bisnis, tetapi harus menentukan bagaimana model bisnis yang digunakan untuk desain layanan dan proses bisnis perusahaan dan apa saja persyaratan SOA.

7. Pengembangan lingkungan / kerangka / infrastruktur / peralatan yang diperlukan untuk mendukung program SOA

Ini tidak cukup untuk menggambarkan ini merupakan layanan yang mana, arsitektur harus dengan mudah mengaktifkan dan mengefisiensikan penciptaan layanan-layanan. Kerangka kerja dan alat-alat yang utama untuk memungkinkan organisasi independen dalam membuat layanan yang konsisten.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Service-oriented_architecture

http://www.bpminstitute.org/articles/article/article/key-components-of-soa.html