07 June 2010

Foto, Knowledge Management dan IT

Dari ketiga hal tersebut dapat diambil sebuah benang merah agar dapat berjalan dengan baik. Pada ilmu fotografi, objek yang paling penting adalah pada foto yang didapatkan. Mungkin sebelum mengambil obyek dari foto dibutuhkan suatu data obyek dan subyek fotonya. Disini harus dipilih pada kondisi tertentu foto tersebut akan masuk dalam bagian yang mana. Referensi untuk memilah foto masuk dalam kategori apa dapat dipelajari melalui buku, majalah, koran, internet, personal knowledge base dan kontak secara langsung dan kemudian dikompilasikan secara struktur pada computer.

Metoda pengumpulan (collect), penyimpanan (store), pencarian (search) dan pengambilan (retrieval) data beserta informasi yang secara tepat dan efektif merupakan hasil dari mempelajari suatu knowledge management. Mungkin untuk saat ini media store dan retrieve masih lebih efektif dan cepat untuk dilakukan terutama tentang manajemen metadata dalam sistem manajemen arsip. Dan untuk teknologi informasinya adalah proses penyimpanan data dan pengambilan data sangat banyak dibantu oleh adanya computer.

Dengan bantuan computer juga dapat digunakan untuk memperbaiki hasil foto yang diambil dengan melakukan perbaikan pada level pencahayaan dan pemotongan atau crop pada bagian yang kurang diperlukan atau mengurangi hasil foto yang telah diambil. Dengan adanya internet bisa untuk media sharing hasil-hasil foto yang diambil, sehingga banyak orang dapat mempelajari sendiri tehnik fotografi dan meningkatkan daya imajinasi mereka. Dan mereka juga dapat sharing hasil foto mereka di internet sehingga akan memeperbanyak karya-karya foto yang ada dan semakin hari akan dapat meningkatkan karya-karya yang berbeda.

Foto-foto hasil pemotretan dan disharing, juga dapat mendapatkan suatu masukan dari orang lain untuk mendapatkan hasil yang baik lagi pada kedepannya, sehingga semua orang yang mengakses hasil foto yang ada dapat mempelajari sendiri apa yang perlu dilakukan. Jika dia telah melakukan foto sesuai dengan yang dilakukan dapat disharing juga untuk mendapatkan komentar untuk dapat meningkatkan kualitas hasil foto kedepannya. Ini terus akan berlanjut dan dapat memberikan suatu ilmu tersendiri dan dapat terkumpul menjadi luas, sehingga banyak orang dapat mempelajari dan mengembangkan bakat serta imajinasinya untuk dapat terus berkreasi dan menghasilkan suatu karya-karya terbaru.

Atau juga dengan memberikan suatu tips dan cara pengambilan foto yang baik, sehingga akan banyak pengguna internet yang fotografer ataupun yang masih awam dalam dunia fotografer mendapatkan ilmunya. Atau bahkan sebagai media tanya jawab mengenai dunia fotografi, memilih suatu kamera yang baik, mungkin orang awam awalnya bisa membaca-baca sedikit tentang memilih kamera terbaik untuk pemula atau untuk yang sedikit mahir, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Apabila masih kurang mengerti dapat bertanya dan yang mahir dalam fotografi dapat membantu memecahkan masalahnya, hasil dari pemecahan masalah ini bisa disharing kembali untuk orang-orang lain yang mencari juga dan dapat mendapatkan jawabannya secara langsung tanpa bertanya lagi.

Tapi dengan seiringnya waktu berjalan, solusi sebelumnya yang telah diberikan akan menjadi kadaluarsa. Dengan sedikit mengupdate informasi-informasi sebelumnya dapat memberikan suatu pengetahuan baru dan pastinya akan sangat membantu. Atau juga dapat dikelompokkan menurut tahun atau bulan dari perbandingan kamera tersebut, karena setiap bulannya atau beberapa bulan selalu hadir produk-produk baru baik yang benar-benar baru di produksi, atau untuk memperbarui produk yang sebelumnya ada. Dengan pengelompokan tahun akan mempermudah pencarian, dapat juga membandingkan produk lama dengan produk yang terbaru. Karena produk baru tidak selalu menjadi yang terbaik.

Ada juga pengelompokan kamera menurut jenis-jenisnya, apa itu kamera pocket, SLR, baik untuk yang pemula atau bahkan untuk professional. Dengan info-info yang lengkap dan review dari orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ada dapat membantu dalam mencari produk, para photographer professional juga pasti akan terbantu juga, meskipun dia telah mengerti banyak tentang seluk beluk dibidangnya. Dengan review dari photographer professional lainnya akan menjadi suatu bahan referensi baginya untuk mencari kamera terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan.